Filled Under:

Profil Lanting Borneo

Profile
                

Nama
LANTING BORNEO
Alamat


Kantor Utama: Jalan Lintas Utara Gang Melodi No. 3 Putussibau
Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
Kantor Perwakilan: Jalan Parit Pangeran Komplek Pondok Pangeran 3 Blok I No. 7, Pontianak Utara Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Contact Person
Yohanes Janting: +628125710741    Dominikus Uyub: +6281256699353                       
Latar Belakang Organisasi




Refleksi kritis atas situasi kekinian dan kecenderungan perubahan kebijakan pada aras nasional dan internasional, terutama kolaborasi modal dan kekuasaan jelas akan berimplikasi meminggirkan masyarakat lokal dari aksesnya terhadap pengelolaan sumber daya alam. Pembangunan yang hanya tergantung pada kekuatan modal, mengabaikan kekuatan masyarakat lokal dan dikelola oleh pemerintahan yang korup, terbukti telah menghancurkan nilai-nilai kearifan lokal dan kelestarian lingkungan.

Bahwa keberdayaan sosial, politik, dan ekonomi masyarkat lokal serta kelestarian lingkungan yang berkeadilan sosial seharusnya menjadi tujuan utama dari setiap pembangunan yang dikelola oleh pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dan untuk menjawab tantangan ini, perlu dilakukan upaya yang sistematis dan terorganisir sehingga keberdayaan masyarakat lokal dan kelestarian lingkungan dapat menjadi prioritas dari setiap upaya pembangunan.

Berdasarkan refleksi kritis atas situasi tersebut di Kalimantan Barat, Lanting Borneo didirikan oleh beberapa pegiat sosial pada tahun 2008 sebagai upaya untuk mendorong percepatan perubahan khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebagai salah satu wilayah ekspansi industry ekstraktif, wilayah konservasi, wilayah konsentrasi masyarakat adat dan wilayah perbatasan di Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu mengalami kompleksitas masalah social dan lingkungan yang rumit. Lanting Borneo meyakini bahwa perubahan di Kabupaten Kapuas Hulu dapat mendorong proses perubahan di wilayah lain di Kalimantan Barat.

Tujuan

Lanting Borneo didirikan untuk mencapai Terwujudnya keberdayaan sosial, politik dan ekonomi masyarakat serta kelestarian lingkungan yang berkeadilan sosial di Wilayah Kalimantan.
Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Lanting Borneo mengembangkan strategi kelembagaan dengan:
1.      Melakukan penguatan kapasitas kelompok masyarakat untuk mencapai keberdayaan sosial, politik dan ekonomi.
2.        Mengembangkan riset dan kampanye bagi kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan.
3.     Melakukan advokasi kebijakan dalam upaya mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam yang berbasis kelestarian lingkungan dan keadilan sosial.

Status Legal


Status: Perhimpunan, dengan Akte Pendirian Nomor 98 Tanggal 25 Juli 2008, Kantor Notaris Eddy Pribadi S.H,

Struktur Organisasi
Struktur Lanting Borneo terdiri dari Badan Pendiri, Dewan Pengurus, Badan Pengawas dan Badan Pekerja (Eksekutif) serta Dewan Pakar yang ditetapkan oleh Dewan Pengurus sesuai dengan kebutuhan pengembangan kelembagaan dan program. 
Badan Pekerja dipimpin oleh Direktur yang dibantu oleh beberapa coordinator dan tim manajemen keuangan.
Program Strategis Organisasi:
Lanting Borneo mengembangkan 3 pokok program strategis:
Program Strategis
Jenis Kegiatan Utama
1.      Program Penguatan Komunitas
Pendidikan dan Pelatihan, Pengembangan Organisasi Komunitas, Penguatan Kelembagaan Adat, Pemberdayaan Ekonomi Rakyat berbasis kearifan lokal
2.      Program Pemetaan Partisipatif & Database
Pemetaan Partisipatif Skala Luas, Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif, Pusat Informasi Tata Ruang
3.      Program Advokasi Kebijakan & Kampanye
Study Kebijakan, Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah, Legal Drafting, Dialog Kebijakan, Aliansi Strategis Multi Pihak.












 





































LANTING BORNEO

Lanting Borneo

Terimakasih telah ikut berpartisipasi memberikan pesan dan saran yang sangat berguna bagi kerja pemberdayaan kami ke depan

 

Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dengan Lanting Borneo:

  • Copyright © Lanting Borneo™
    Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.